Seting Modem Speedy TP-Link TD-8817

Posted by resrsr on Saturday, April 14, 2012

Seting Modem Speedy TP-Link TD-8817 - Internet merupakan sebuah kebutuhan baru untuk masyarakat modern di perkotaan. Mungkin juga sudah menjadi sebuah kebutuhan di daerah-daerah terpencil yang sudah dijangkau oleh ISP. Terhubung ke jaringan internet berarti terhubung ke dalam dunia tanpa batas. Menghubungkan manusia antar propinsi di Indonesia, antar negara, dan juga antar benua.

Modem Dalam Dunia Internet

Untuk masuk ke dalam dunia internet, kita memerlukan sebuah gate, "pintu gerbang". Salah satu pintu gerbang menuju dunia maya adalah modem. Alat yang namanya merupakan kependekan dari modulator-demodulator ini secara sederhana berfungsi menghubungkan jaringan komputer, atau sebuah komputer menjuju jaringan yang lebih luas yang mencakup seluruh dunia.

Speedy Modem ADSL TP-Link TD-8817

Speedy, sebagai sebuah divisi usaha dari BUMN negeri kita tercinta :D menawarkan solusi akses internet murah (dan 'mungkin' berkualitas) bagi masyarakat Indonesia. Biaya pendaftaran yang (kadang) gratis (kadang bayar :piss), dan kapasitas bandwith yang cukup besar membuat banyak masyarakat menggunakan layanannya. Speedy biasanya mem-bundle produknya dan bekerjasama dengan vendor-vendor tertentu. Salah satu vendor yang bekerjasama dengan Speedy adalah TP-LINK dengan produknya Modem ADSL TP-Link TD-8817.

Seting Modem Speedy TP-Link TD-8817

Bagi yang bergelut di dunia IT, atau mungkin yang tidak bergelut namun memiliki ketertarikan yang tinggi dalam dunia IT, tidak akan menemui kendala saat dihadapkan pada proses instalasi modem ini. Namun untuk orang awam, end-user, akan menjadi sebuah masalah yang cukup merepotkan. Berikut cara seting modem TP Link TD-8817 untuk Telkom Speedy.
  1. Pastikan kabel line dari jaringan telepon sudah menancap ke modem TP-Link.
  2. Pasang kabel RJ-45 dan hub ke LAN Card komputer.
  3. Buka browser dan masukkan url dari modem. Jika belum tahu berapa IP modem tersebut, lihat di bagian belakang modem. Defaultnya rata-rata 192.168.1.1
  4. Masukkan user name dan password. Default TP-Link adalah admin dan pass admin.
  5. Setelah masuk halaman set up modem pilih yang paling mudah yaitu Quick Start.
  6. Pada interface kita akan menampilkan 3 langkah pilihan, diantaranya adalah:
    • Setup time zone
    • Setup internet connection dan
    • Save curent ADSL configuration.
Seting Modem Speedy TP-Link TD-8817
Modem TP-Link TD8817

Pengertian Masing-masing Pilihan Interface Modem

Pada pilihan interface, setting modem seperti berikut ini:
  1. Setup time zone
    Ini adalah pengaturan standar, kita hanya perlu memasukkan setting waktu yaitu GMT +7 waktu jakarta (karena kita Indonesia).
  2. Setup internet connection
    Pilih mode Bridge, karena kita akan menggunakan cara dial up.
  3. Passowrd dan Username
    Setelah itu masukkan username speedy (misal 142030****@telkom.net) dan passwordnya. Password jangan sampai salah. Setelah itu save settingan tersebut.
Silahkan tunggu sampai modem restart otomatis. Setelah itu cobalah ping ke internet, misal ping google.com. Jika langkah-langkah cara seting modem speedy di atas diikuti dengan benar, seharusnya modem anda sudah terhubung ke internet.
Demikian tutorial cara seting modem speedy untuk modem jenis TP-Link TD-8817. Semoga bermanfaat.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment