Apa Itu VPN dan VPS - Pengertian VPN dan VPS

Posted by resrsr on Wednesday, November 7, 2012

Apa Itu VPN

Pernahkah Anda mendengar istilah VPN? Jika belum pernah atau mungkin Anda sedang mencari tahu apa itu VPN, semoga artikel berikut ini bisa memuaskan dahaga keingintahuan Anda tentang pengertian VPN.

Pengertian VPN

VPN adalah kependekan dari frasa Virtual Private Network. Istilah ini mengacu pada pengertian bahwa sebuah jaringan lokal dapat diakses menggunakan media internet. Dengan kata lain, VPN yaitu sebuah metode aman untuk mengakses Local Area Network yang masih berada dalam jangkauan dengan memanfaatkan jaringan internet atau jaringan umum lainnya dalam melakukan transmisi paket data secara pribadi, dengan enkripsi Perlu penerapan teknologi tertentu agar walaupun menggunakan medium yang umum, tetapi traffic (lalu lintas) antar remote-site tidak dapat disadap dengan mudah, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusupkan traffic yang tidak semestinya ke dalam remote-site.

Keamanan Data Dalam VPN

VPN adalah sebuah koneksi Virtual yang bersifat privat mengapa disebut demikian karena pada dasarnya jaringan ini tidak ada secara fisik hanya berupa jaringan virtual dan mengapa disebut privat karena jaringan ini merupakan jaringan yang sifatnya privat yang tidak semua orang bisa mengaksesnya. VPN Menghubungkan PC dengan jaringan publik atau internet namun sifatnya privat, karena bersifat privat maka tidak semua orang bisa terkoneksi ke jaringan ini dan mengaksesnya. Oleh karena itu diperlukan keamanan data.

Bagaimana Cara Kerja VPN ?

Konsep kerja VPN pada dasarnya VPN Membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC. Jika digambarkan kira-kira seperti ini:
Internet <—> VPN Server <—> VPN Client <—> Client
Dan jika metode VPN digunakan untuk menghubungkan 2 komputer secara private dengan jaringan internet maka seperti ini:
Komputer A <—> VPN Clinet <—> Internet <—> VPN Server <—> VPN Client <—> Komputer B
Jadi semua koneksi diatur oleh VPN Server sehingga dibutuhkan kemampuan VPN Server yang memadai agar koneksinya bisa lancar.

Apa Itu Virtual Private Server atau VPS

VPS adalah sebuah metode untik mempartisi atau membagi sumber daya / resource sebuah server menjadi beberapa server virtual. Server virtual tersebut memiliki kemampuan menjalankan operating system sendiri seperti layaknya sebuah server. Bahkan Anda dapat me-reboot sebuah server virtual secara terpisah (tidak harus mem-reboot server utama).

Komponen Dalam VPS

Dalam sebuah VPS, resource server yang alokasikan adalah meliputi CPU Core, CPU Usage, RAM, dan Storage atau ruang penyimpananan. Teknologi yang digunakan dalam layanan VPS tersebut adalah teknologi virtualisasi.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment